‘Utsmān bin ‘Affān رضي الله عنه

Pendahuluan

‘Utsmān bin ‘Affān رضي الله عنه adalah khalifah ketiga umat Islam setelah Abu Bakr Ash-Shiddīq رضي الله عنه dan ‘Umar bin Al-Khaththāb رضي الله عنه. Beliau termasuk dari sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga, seorang sahabat dermawan, pemalu, dan memiliki kedudukan tinggi di sisi Rasulullah ﷺ. Masa kepemimpinannya dikenal dengan perluasan wilayah Islam yang sangat luas dan penyatuan mushaf Al-Qur’an.

Nasab dan Kehidupan Awal

Nama lengkap beliau adalah ‘Utsmān bin ‘Affān bin Abil ‘Āsh bin Umayyah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab Al-Qurasyi Al-Umawi. Beliau termasuk dari keluarga bangsawan Quraisy yang terpandang dan sangat dermawan.

‘Utsmān رضي الله عنه lahir di Makkah enam tahun setelah Tahun Gajah. Ia dikenal sebagai seorang pedagang sukses, lembut hati, dan pemalu namun sangat dermawan. Karena akhlak dan ketulusannya, banyak orang menghormati beliau bahkan sebelum masuk Islam.

Masuk Islam dan Kedekatan dengan Rasulullah ﷺ

‘Utsmān رضي الله عنه termasuk orang pertama yang masuk Islam melalui dakwah Abu Bakr Ash-Shiddīq رضي الله عنه. Ia termasuk golongan yang paling awal beriman kepada Rasulullah ﷺ tanpa ragu sedikit pun.

Beliau menikah dengan dua putri Rasulullah ﷺ secara bergantian, yaitu Ruqayyah رضي الله عنها dan setelah wafatnya, beliau menikah dengan Ummu Kultsūm رضي الله عنها. Karena itu, beliau diberi gelar Dzun-Nurain (Pemilik Dua Cahaya).

Rasulullah ﷺ bersabda:

كُلُّ نَبِيٍّ لَهُ رَفِيقٌ فِي الْجَنَّةِ، وَرَفِيقِي فِيهَا عُثْمَانُ

“Setiap nabi memiliki sahabat dekat di surga, dan sahabat dekatku di sana adalah ‘Utsmān.” (HR. Ibnu Asakir, dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah)

Kedermawanan ‘Utsmān رضي الله عنه

Salah satu ciri khas ‘Utsmān رضي الله عنه adalah kedermawanannya. Beliau menginfakkan hartanya di jalan Allah ﷻ tanpa batas.

Ketika Rasulullah ﷺ mempersiapkan pasukan untuk Perang Tabuk, ‘Utsmān رضي الله عنه memberikan 100 ekor unta lengkap dengan perbekalannya, lalu menambah lagi hingga 300 ekor. Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا ضَرَّ عُثْمَانَ مَا عَمِلَ بَعْدَ الْيَوْمِ

“Tidak ada yang dapat membahayakan ‘Utsmān setelah hari ini (karena amalnya).” (HR. At-Tirmidzi, dinyatakan hasan shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Beliau juga membeli sumur Raumah di Madinah dengan harga mahal dan mewakafkannya untuk kaum muslimin. Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ يَشْتَرِي بِئْرَ رُومَةَ فَيَجْعَلُ دَلْوَهُ فِيهَا مَعَ دِلَاءِ الْمُسْلِمِينَ بِخَيْرٍ مِنْهَا فِي الْجَنَّةِ؟ فَاشْتَرَاهَا عُثْمَانُ

“Siapa yang mau membeli sumur Raumah agar digunakan bersama kaum Muslimin, maka ia akan mendapatkan sumur yang lebih baik darinya di surga?” Lalu ‘Utsmān pun membelinya.” (HR. Ahmad, dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Sifat Pemalu dan Keutamaannya

‘Utsmān رضي الله عنه memiliki rasa malu yang luar biasa. Rasulullah ﷺ sendiri sangat menghormatinya karena sifat itu. Dari Aisyah رضي الله عنها, beliau berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ مُضْطَجِعًا فِي بَيْتِي كَاشِفًا عَنْ فَخِذَيْهِ أَوْ سَاقَيْهِ، فَاسْتَأْذَنَ أَبُو بَكْرٍ فَأَذِنَ لَهُ وَهُوَ عَلَى تِلْكَ الْحَالِ، ثُمَّ اسْتَأْذَنَ عُمَرُ فَأَذِنَ لَهُ وَهُوَ كَذَلِكَ، ثُمَّ اسْتَأْذَنَ عُثْمَانُ فَجَلَسَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ وَسَوَّى ثِيَابَهُ، فَلَمَّا خَرَجَ قُلْتُ: دَخَلَ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ فَلَمْ تَهْتَمَّ لَهُمَا، وَدَخَلَ عُثْمَانُ فَجَلَسْتَ وَسَوَّيْتَ ثِيَابَكَ؟ فَقَالَ: أَلَا أَسْتَحْيِي مِنْ رَجُلٍ تَسْتَحْيِي مِنْهُ الْمَلَائِكَةُ

“Rasulullah ﷺ sedang berbaring di rumahku dengan paha atau betisnya terbuka. Abu Bakr masuk, beliau tetap dalam keadaan itu. Umar masuk, beliau pun tetap demikian. Namun ketika Utsmān masuk, Rasulullah ﷺ duduk dan merapikan pakaiannya. Aku bertanya: Wahai Rasulullah, mengapa engkau lakukan itu untuk Utsmān? Beliau menjawab: Tidakkah aku malu kepada orang yang para malaikat pun malu kepadanya?” (HR. Muslim)

Kepemimpinan Sebagai Khalifah

Setelah wafatnya ‘Umar bin Al-Khaththāb رضي الله عنه, ‘Utsmān رضي الله عنه diangkat sebagai khalifah pada tahun 24 Hijriah. Pemerintahannya berlangsung selama 12 tahun dan merupakan masa kemakmuran serta perluasan wilayah Islam yang luar biasa.

Di masa beliau, wilayah Islam meluas ke Armenia, Afrika Utara, Azerbaijan, Khurasan, dan Cyprus. Namun prestasi terbesar beliau adalah penyatuan dan pembukuan Mushaf Al-Qur’an agar bacaan umat Islam tidak berselisih.

Beliau memerintahkan Zaid bin Tsabit رضي الله عنه beserta para sahabat ahli qira’at untuk menyalin Al-Qur’an dari lembaran asli yang telah dikumpulkan di masa Abu Bakr رضي الله عنه, lalu disebarkan ke seluruh penjuru negeri Islam.

Ujian dan Wafatnya

Di masa akhir pemerintahannya, muncul fitnah besar akibat provokasi kaum munafik dan kelompok pembangkang yang dipimpin oleh Abdullah bin Saba’. Mereka menuduh khalifah tidak adil, padahal semua tuduhan itu palsu.

Akhirnya, rumah beliau dikepung selama beberapa hari. Dalam keadaan berpuasa, ‘Utsmān رضي الله عنه membaca Al-Qur’an dan dibunuh oleh para pemberontak. Darahnya menetes di atas mushaf pada ayat:

فَسَيَكْفِيكَهُمُ اللَّهُ ۚ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Maka Allah akan mencukupimu (menghadapi) mereka, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-Baqarah: 137)

Rasulullah ﷺ pernah bersabda jauh sebelum peristiwa itu terjadi:

يَا عُثْمَانُ، إِنَّ اللَّهَ مُقَمِّصُكَ قَمِيصًا، فَإِنْ أَرَادَكَ الْمُنَافِقُونَ عَلَى خَلْعِهِ فَلَا تَخْلَعْهُ

“Wahai Utsmān, sesungguhnya Allah akan memakaikanmu baju (kekhalifahan), dan apabila orang-orang munafik ingin agar engkau melepaskannya, jangan engkau lepaskan.” (HR. Ahmad, dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Beliau wafat sebagai syahid pada tahun 35 Hijriah di usia 82 tahun, dan dimakamkan di Baqi‘ Al-Gharqad, Madinah.

Keteladanan ‘Utsmān رضي الله عنه

Dari kehidupan beliau kita dapat mengambil pelajaran agung:

  1. Kedermawanan tanpa pamrih – menginfakkan seluruh harta di jalan Allah ﷻ.

  2. Kesabaran menghadapi fitnah – tidak membalas keburukan dengan keburukan.

  3. Pemimpin yang pemalu dan adil – menjaga kehormatan dan amanah kekuasaan.

  4. Kecintaan terhadap Al-Qur’an – menjaga kesatuan bacaan umat Islam.

Penutup

‘Utsmān bin ‘Affān رضي الله عنه adalah simbol kelembutan, kesabaran, dan pengorbanan dalam Islam. Kepemimpinannya melahirkan kejayaan besar dan meninggalkan warisan abadi berupa mushaf Al-Qur’an yang kita baca hingga hari ini.

Penulis : Ustadz Kurnia Lirahmat, B.A., Lc

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top